Kisah penderitaan sayyidina AMMAR RA dan kedua orang tuanya

assalamualaikum wr.wb
     kembali lagi sahabat sobat,kini saya akan memberikan cerita islamiyah lagi tentang KETABAHAN MENGHADAPI KESUSAHAN DAN COBAAN DALAM AGAMA yang akan saya berikan beberapa kisah-kisah pada zaman dahulu yang bisa kalian ambil hikmahnya dan di terapkan di zaman sekarang yang banyak perbedaan.
semoga bermanfaat bagi sobat semua yang sedang menuntut ilmu khususnya dan juga buat kalian yang sedang mendalami agama.
oke langsung saja ke Kisah pertama :



1.Kisah penderitaan sayyidina AMMAR RAdan kedua orang tuanya


      Sayyidina A'mar Ra dan kedua orang tuanya telah banyak mengalami siksaan yang amat pedih demi agama. Mereka dibaringkan di padang pasir di bawah terik matahari makkah yang panas sekali. Setiap Baginda Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam lewat di depanya,beliau menasihati mereka, "Bersabarlah, wahai keluarga Yair,lewat janji Allah untuk kalian adalah surga". Akhirnya, Ayah sayyidina 'Ammar Ra yang bernama Yasir Ra wafat akibat penyiksaan itu. Para penzhalim tidak membiarkan dia hidup tenang sampai ia wafat.
     Ibu Sayyidina 'Ammar Ra yang bernama Sumayyah Ra,ditikam kemaluanya dengan tombak oleh Abu jahal yang terkutuk, sehingga ia pun mati syahid. Ia tidak meninggalkan islam walaupun mengalami berbagai penderitaan di saat umurnya sudah tua dan fisiknya sudah lemah . Walaupun begitu ,abu jahal tidak menaruh belas kasihan kepadanya . Dialah orang yang pertama kali mati syahid dalam sejarah.

     Dalam sejarah islam , masjid yang pertama adalah masjid yang di bangun oleh sayyidina 'Ammar Ra . Ketika Baginda Nabi SAW dalam perjalanan hijrah ke madinah , di kampung Quba, Sayyidina 'Ammar Ra mengusulkan , untuk membangun tempat berteduh bagi Baginda Nabi SAW agar dapat beristirahat siang dan mendirikan shalat dengan tenang. Lalu, Sayyidina 'Ammar Ra mulai mengumpulkan batu-batu dan mendirikan masjid.

     Sayyidina 'Ammar Ra selalu menyertai setiap pertempuran dengan penuh semangat . Pernah ia dengan penuh suka cita berkata dalam suatu pertemputran ,"sebentar lagi akan kujumpai kekasihku, Baginda Nabi Saw beserta jamaahnya  . "Kemudian ia merasa sangat haus . Ia meminta segelas susu . ia meminumnya lalu berkata , "Aku telah mendengar Baginda Nabi Swa bersabda ,'Yang terkahir kamu minum di dunia ini adalah susu." Setelah berkata demikian ,ia pun mati syahid . ia  meninggal dunia pada usia 94 tahun. Sebagian riwayat menyatakan sembilan puluh dua setengah tahun .(dari kitab usudul ghabah).
Share:

No comments:

Post a Comment

Popular Posts